Me and Moms

Hal-hal yang Bisa Dilakukan Orangtua sebagai Upaya Antisipasi Agar Anak Tak Tenggelam

Anak tenggelam merupakan mimpi buruk bagi setiap orangtua. Sayangnya, kejadian nahas tersebut bisa terjadi pada siapa saja.

Untuk itu penting bagi orangtua melakukan antisipasi agar anak tidak tenggelam. Dikutip IndoPop dari berbagai sumber termasuk Alodokter dan Klik Dokter, berikut antisipasi yang bisa dilakukan orangtua agar anak tidak tenggelam?

Ilustrasi: Anak berenang (Pexels)

Ajari Anak Berenang Sejak Dini
Berenang adalah keterampilan yang penting untuk dikuasai oleh setiap orang, terutama anak-anak. Anak yang bisa berenang akan lebih terampil dalam menyelamatkan diri jika mereka jatuh ke dalam air.

Awasi Anak saat Berada di Dekat Air
Jangan pernah meninggalkan anak sendirian di dekat air, bahkan untuk sesaat. Selalu awasi anak saat mereka bermain di kolam renang, pantai, atau di dekat air lainnya.

Gunakan Alat Pelindung
Alat pelindung diri, seperti pelampung atau ban, dapat membantu mencegah anak tenggelam. Untuk itu penting menggunakan alat pelindung diri di mana pun saat anak dekat dengan air yang dalam.

Ajarkan Anak Bahaya Tenggelam
Orangtua perlu ajarkan anak tentang bahaya tenggelam dan bagaimana cara menghindarinya.

Selain poin-poin di atas, penting juga bagi orangtua mengetahui hal-hal ini;

Ilustrasi: Anak berenang (Pexels)

Pertama, jika memiliki kolam renang di rumah, pastikan kolam renang memiliki pagar pengaman yang tinggi dan rapat. Pagar pengaman dapat membantu mencegah anak-anak mengakses kolam renang tanpa pengawasan.

Kedua, pasang rambu-rambu peringatan di sekitar kolam renang. Rambu-rambu peringatan dapat membantu mengingatkan orang-orang untuk berhati-hati saat berada di dekat kolam renang.

Ketiga dan tak kalah penting, pelajari CPR (resusitasi jantung paru). CPR dapat membantu menyelamatkan nyawa jika anak tenggelam.
Dengan menerapkan antisipasi yang tepat, kita dapat membantu mencegah anak-anak tenggelam.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Indopop.id Dapatkan Gosip Ekslusif Paling Update dan Terkini Selebriti Indonesia
Dismiss
Allow Notifications