Me and Moms

Alasan Medis Kenapa Dokter Larang Bayi Pakai Gurita, Udah Tau Belum Mom?

Banyak hal terkait pengasuhan bayi baru lahir yang dilakukan bukan atas dasar medis melainkan kebiasaan turun temurun. Salah satunya adalah penggunaan gurita pada bayi.

Dikutip dari laman Bukalapak, gurita bayi adalah kain yang biasanya digunakan untuk melilit perut bayi baru lahir.

Disebut gurita karena ada sejumlah belahan kain yang digunakan untuk mengikat. Belahan tersebut mirip dengan tentakel hewan gurita.

Secara umum, ada beberapa alasan mengapa orangtua jaman dulu memakaikan gurita kepada bayi baru lahir.

Di antaranya adalah untuk mencegah masuk angin, mencegah perut kembung dan mencegah pusar bodong.

Namun dikutip Indopop dari berbagai sumber, rupanya penggunaan gurita bayi bisa berbahaya. Apa saja? Berikut rangkumannya!

Ilustrasi bayi (Pexels)

Risiko Gangguan Pernapasan
Bayi baru lahir bernapas menggunakan diafragma dan otot perut. Mengencangkan gurita di sekitar perut akan membatasi gerakan otot-otot pernapasan sehingga dapat menyebabkan bayi kesulitan bernapas, terutama bayi prematur.

Keterlambatan Perkembangan
Bayi membutuhkan kebebasan bergerak untuk melatih otot dan keterampilan motoriknya. Penggunaan gurita yang ketat dapat mengganggu gerak bebas bayi dan menghambat perkembangan ototnya.

Masalah Kulit
Gurita yang ketat dapat meningkatkan gesekan dan kelembapan pada kulit bayi yang sensitif. Hal ini dapat menimbulkan iritasi, biang keringat, atau bahkan infeksi kulit.

Kepanasan
Gurita dapat membuat bayi mudah kepanasan, terutama saat cuaca panas. Hal ini dapat meningkatkan risiko dehidrasi dan heatstroke.

Gangguan Makan
Penguatan pada area perut akibat gurita dapat menekan lambung bayi sehingga mengurangi kapasitasnya. Akibatnya, bayi mungkin akan lebih mudah muntah setelah menyusu.

Tidak Ada Bukti Manfaat
Tidak ada penelitian ilmiah yang kuat yang mendukung klaim bahwa gurita dapat mengecilkan perut atau mencegah masuk angin pada bayi.

Kesimpulannya, walaupun ada kepercayaan tradisi tentang manfaat gurita, namun untuk alasan kesehatan dan perkembangan bayi, penggunaan gurita tidak dianjurkan ya mom!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Indopop.id Dapatkan Gosip Ekslusif Paling Update dan Terkini Selebriti Indonesia
Dismiss
Allow Notifications