K-POP

SEVENTEEN Jual Hampir 6 Juta Copy, Kriteria Album of The Year di MAMA 2024 Berubah

SEVENTEEN menjadi nominasi pemenang Album of the Year untuk MAMA 2024. Namun, penghargaan mereka mendadak terancam karena perubahan peraturan dari CJ ENM.

Pada Kamis (10/10/2024), CJ ENM mengumumkan bahwa MAMA mengubah kriteria untuk kategori Album of The Year. Mereka telah menambahkan kriteria baru dalam penilaiannya.

Sebelumnya, Album of the Year diberikan berdasarkan kriteria berikut: penjualan album (80 persen) + penilaian (20 persen).

Namun, mulai tahun ini, kategori tersebut tidak akan lagi dinilai hanya berdasarkan penjualan.

Mereka akan mempertimbangkan keseluruhan paket album, termasuk kualitas produksi, seni dan visual, masing-masing lagu, dampaknya terhadap industri musik, dan banyak lagi.

Apa artinya ini? Jika Album of the Year diberikan berdasarkan kriteria yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, menurut prediksi netizen, mini album ke-11 SEVENTEEN, “Seventeenth Heaven”, akan mengamankan penghargaan tanpa pesaing.

Kemenangan album SEVENTEEN ini berdasarkan penjualan album mereka yang mengesankan lebih dari 5,7 juta kopi.

Pemenang berikutnya yang paling mungkin adalah Stray Kids dengan “樂-STAR”, diikuti oleh ENHYPEN dengan “Romance: Untold”, Jungkook dengan “Golden”, TXT dengan “The Name Chapter: Freefall”, dan seterusnya.

Namun jika kategori penghargaan mulai mempertimbangkan kriteria seperti kemasan album, kualitas produksi, seni dan visual, dan dampak pada industri musik, maka faktor penentu pemenang menjadi kurang dapat diprediksi.

Bagi sebagian netizen, pengenalan kriteria baru maka diduga MAMA tidak akan membiarkan SEVENTEEN menang.

Karena perubahan peraturan ini, banyak netizen memberikan beragam komentar.

Prediksi Album of the Year MAMA2024 SEVENTEEN Teratas

Prediksi Album of the Year MAMA2024, SEVENTEEN Teratas [x.com]

“Mereka benar-benar tidak ingin memberikan penghargaan ‘Album Tahun Ini’ kepada grup yang menjual hampir 6 juta kopi satu album…” kata salah satu netizen.

“Apakah Seventeen tidak akan menghadiri MAMA tahun ini???” sahut netizen lain.

“Sekitar sebulan lagi dan mereka tiba-tiba mengumumkan kriteria baru sekarang?” imbuh yang lain.

“Jika mereka benar-benar melakukannya hanya agar mereka tidak harus memberikannya kepada Seventeen, itu sangat kacau,” komentar seorang netizen.

“Itu benar-benar membuang-buang usaha para penggemar,” sambung netizen yang lain.

“Jika mereka menemukan cara untuk tidak memberikannya kepada Seventeen, maka itu bukan lagi penghargaan ‘Album of the Year’,” ujar lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Indopop.id Dapatkan Gosip Ekslusif Paling Update dan Terkini Selebriti Indonesia
Dismiss
Allow Notifications