Gosip

Dame Maggie Smith Pemeran Profesor McGonagall ‘Harry Potter’ Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun

Dame Maggie Smith telah meninggal dunia di usia 89 tahun. Aktris senior Inggris ini paling dikenal berkat perannya di film “Harry Potter” dan “Downtown Abbey”.

Pada Jumat (27/9/2024), media Inggris mengabarkan bahwa Smith telah berpulang. Kabar ini pertama kali disampaikan keluarganya.

Dame Maggie Smith dalam Film yang Dibintanginya

Dame Maggie Smith dalam Film yang Dibintanginya [Instagram]

Menurut kedua putranya, Toby Stephens dan Chris Larkin, Maggie wafat di rumah sakit pada hari yang sama.

“Dengan penuh kesedihan kami harus mengumumkan kematian Dame Maggie Smith,” buka pernyataan tersebut.

“Ia meninggal dunia dengan tenang di rumah sakit pagi ini, Jumat, 27 September,” lanjut mereka.

Sebelum meninggal dunia, Smith ditemani orang-orang terdekatnya.

“Sebagai pribadi yang sangat tertutup, ia bersama teman-teman dan keluarga di akhir hayatnya. Ia meninggalkan dua putra dan lima cucu yang penuh kasih yang sangat terpukul atas kehilangan ibu dan nenek mereka yang luar biasa,” pungkas keluarga.

Tak lupa, kedua anak Maggie Smith berterima kasih pada staf Rumah Sakit Chelsea dan Westmminster karena sudah merawat ibu mereka dengan baik selama hari-hari terakhirmya.

Sebagai penutup, mereka juga berterima kasih atas perhatian publik dan meminta publik menghormati privasi mendiang beserta keluarga.

Sementara itu, Margaret Natalie Smith lahir di Ilford Essex, pada 28 Desember 1934. Menggunakan nama panggung Maggie, ia memulai kariernya di Oxford Playhouse pada 1952.

Sepanjang kariernya itu, Smith memenangkan dua Oscar selama kariernya. Penghargaan itu didapat atas perannya di “The Prime of Miss Jean Brodie” (1970) dan “California Suite” (1979).

Selain itu, Smith mendapat empat nominasi lain dan menerima tujuh penghargaan Bafta.


Memperoleh gelar “Dame”, Maggie Smith paling terkenal di generasi ini karena perannya di “Harry Potter”.

Dalam film itu, sang legenda layar perak Inggris itu memerankan Profesor Minerva McGonagall yang tegas. Sosoknya pun mudah diingat dengan penampilan topi penyihir runcing yang tinggi dan jubah tebal.

Selain itu, Smith memerankan Violet Crawley, Dowager Countess of Grantham di “Downtown Abbey”. Perannya adalah sebagai bangsawan yang sangat piawai dalam membuat kalimat-kalimat pendek yang pedas selama enam seri acara tersebut.

Atas kepergiannya, Perdana Menteri Kier Starmer menyampaikan, “Dame Maggie sangat dicintai banyak orang karena bakatnya yang luar biasa, menjadi harta nasional sejati yang karyanya akan dihargai oleh generasi mendatang.”

Selamat jalan Dame Maggie Smith.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Indopop.id Dapatkan Gosip Ekslusif Paling Update dan Terkini Selebriti Indonesia
Dismiss
Allow Notifications