Me and Moms

Mpok Alpa Hamil Anak Kembar, Ini yang Harus Diperhatikan Selama Kehamilan

Mpok Alpa Instagramnina mpokalpa

Kabar bahagia datang dari Mpok Alpa. Dia baru saja mengumumkan sedang berbadan dua.

Mpok Alpa dan sang suami memang telah lama merencanakan ingin tambah anak. Salah satu usahanya, dia sudah melepas KB.

Kabar bahagia Mpok Alpa ini terbilang double. Pasalnya, komedian tersebut hamil anak kembar.

Mpok Alpa [Instagram]

Usia kehamilam Mpok Alpa pun sudah masuk bulan ketiga.

Kehamilan kembar adalah momen langka karena tidak sering terjadi. Kemungkinan untuk memiliki anak kembar lebih tinggi jika ada riwayat keluarga dengan kehamilan kembar baik dari pihak ibu maupun suami.

Meskipun pada dasarnya mirip, kehadiran dua janin atau lebih dalam kandungan memberikan tantangan yang berbeda dibandingkan dengan kehamilan tunggal.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu saat mengandung anak kembar agar proses kehamilan berjalan lancar. Berikut adalah beberapa poin yang dikutip dari Halodoc:

1. Pemeriksaan Kehamilan yang Lebih Sering

Ketika mengandung anak kembar, ibu akan sering melakukan pemeriksaan kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan janin. Dokter akan memantau kesehatan ibu serta tanda-tanda kelahiran prematur jika tanggal kelahiran sudah dekat. Kemungkinan ibu juga akan sering menjalani ultrasound atau pemeriksaan kesehatan lainnya untuk memastikan kondisi kehamilan.

2. Waspadai Risiko Komplikasi

Kehamilan kembar meningkatkan risiko beberapa komplikasi seperti kelahiran prematur, diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, anemia, gangguan pertumbuhan janin, dan gangguan plasenta. Pemeriksaan rutin, hidrasi yang cukup, dan pola makan sehat dapat membantu mencegah komplikasi pada kehamilan kembar.

3. Pengawasan Kenaikan Berat Badan

Meskipun mengandung anak kembar, ibu harus tetap memperhatikan kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan yang tepat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Ibu hamil dengan anak kembar biasanya akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 17-25 kilogram. Hindari obesitas saat hamil karena dapat menyebabkan masalah kesehatan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nina Mpok Alpa (@nina_mpokalpa)


4. Gejala Kehamilan Lebih Parah

Ibu dengan kehamilan kembar mungkin mengalami gejala kehamilan yang lebih parah seperti mual dan muntah (morning sickness), nyeri punggung, kesulitan tidur, dan heartburn. Penting untuk mengenali gejala dan keluhan kehamilan serta berkonsultasi dengan dokter jika diperlukan.

5. Nutrisi dan Gizi yang Cukup

Ibu yang hamil anak kembar perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi dengan baik. Kebutuhan asam folat lebih tinggi pada kehamilan kembar, dan asupan nutrisi yang cukup penting untuk mencegah cacat lahir tabung saraf seperti spina bifida.

Perhatikan dan lakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan kembar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Indopop.id Dapatkan Gosip Ekslusif Paling Update dan Terkini Selebriti Indonesia
Dismiss
Allow Notifications