Me and Moms

Cara Menghilangkan Kecanduan Alkohol

Kecanduan alkohol, bagaikan jeratan mematikan yang menjerat individu dan merenggut kebahagiaan keluarga.

Di balik kenikmatan sesaat, tersembunyi bahaya mengancam kesehatan fisik dan mental, serta merusak hubungan sosial.

Itu juga yang diduga dialami oleh mantan penjaga gawang Timnas Indonesia, Kurnia Meiga.

Kurnia Meiga di Podcast Deddy Corbuzier

Kurnia Meiga di Podcast Deddy Corbuzier [YouTube]

Dalam salah satu kesempatan, mantan istri Kurnia Meiga, Azhiera Adzka Fathir, buka suara tentang kebiasaan Meiga yang gemar mengonsumsi alkohol.

Akibat konsumsi alkohol itu, Kurnia Meiga sampai sakit dan mengalami kebutaan dan dididuga kerap melakukan kekerasan kepada keluarganya.

“Penyebab sakitnya itu alkohol, dokter udah bilang, bukan disantet. Meiga itu emang punya kebiasaan minum alkohol. Itu dari dia 18 tahun ” ungkap Azhiera Adzka Fathir di kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo, beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, berhenti mengonsumsi alkohol bagi pecandu bagaikan perjuangan berat. Rasa ingin terus minum, rasa bersalah, dan stigma sosial menghambat proses pemulihan pecandu alkohol.

Azhiera Mantan istri Kurnia Meiga [YouTube]

Namun dikutip IndoPop dari Harvard Health, berikut cara untuk hilangkan rasa candu alkohol!

1. Buat Catatan
Coba buat catatan tentang dampak positif saat tidak minum alkohol. Misalnya, dengan tidak minum alkohol dapat membuat diri menjadi lebih sehat, tidur yang nyenyak, hingga hubungan dengan orang lain menjadi lebih baik, sebagai bentuk motivasi.

2. Terapkan Batasan
Cara untuk menghindari candu alkohol itu menerapkan batasan. Walaupun susah untuk melepaskan, cobalah batasi konsumsi. Usahakan tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan karena akan memberikan rasa candu lagi sampai sulit untuk melepasnya.

3. Jangan Simpan di Rumah
Cara lain untuk menghilangkan kecanduan alkohol yaitu dengan tidak menyimpan alkohol di rumah. Menyimpan alkohol di rumah akan membuat diri menjadi kecanduan dan lebih mudah mendapatkannya.

4. Coba Lebih Sibuk
Cara mudah lainnya untuk menghindari alkohol adalah dengan membuat diri menjadi sibuk. Cobalah untuk melakukan berbagai hal yang membuat diri sendiri sibuk sehingga tidak kecanduan alkohol.

5. Pilih-Pilih Teman
Coba jauhi teman-teman yang mendorong untuk mengonsumsi alkohol terus-menerus. Dengan menjauhi mereka, kebiasaan mengonsumsi alkohol dijamin akan menjadi berkurang.

6. Minta Dukungan Orang Terdekat
Untuk menghilangkan kecanduan memang tidak mudah. Coba minta bantuan keluarga atau orang terdekat untuk menekan rasa candu tersebut. Jika sulit, bisa juga meminta bantuan dengan dokter, konselor, terapi, dan lain-lain agar menghilangkan rasa candu tersebut.

7. Butuh Niat yang Kuat
Rasa candu alkohol ini akan juga semakin sulit jika tidak ada niat dalam diri. Untuk itu, penting memiliki niat kuat agar bisa mengurangi rasa candu pada alkohol. Dengan niat yang kuat, hal itu akan membantu diri sendiri semakin yakin dan mudah menghilangkan rasa candu alkohol.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Indopop.id Dapatkan Gosip Ekslusif Paling Update dan Terkini Selebriti Indonesia
Dismiss
Allow Notifications