Me and Moms

3 Jenis Ikan Murah Meriah yang Cocok Dijadikan Campuran MPASI Si Kecil

MPASI atau makanan pendamping ASI merupakan makanan yang diberikan kepada bayi usia 6 bulan ke atas untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Saat ini, MPASI organik semakin diminati oleh orangtua karena dianggap lebih sehat dan aman untuk bayi.

Nah, salah satu sumber protein MPASI yang baik adalah ikan. Ikan kaya akan omega-3, DHA, dan berbagai nutrisi penting lainnya yang mendukung tumbuh kembang bayi.

Berikut ini adalah 3 jenis ikan murah meriah yang baik dijadikan campuran MPASI si kecil.

1. Ikan Lele
Ikan lele dapat digunakan sebagai campuran menu MPASI pada bayi. Melansir dari artikel Very Well Family, ikan lele ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik dikonsumsi untuk bayi.

Bahkan, saat masa kehamilan, ibu bayi juga disarankan mengonsumsi ikan lele karena tinggi nutrisi. Ikan lele menjadi jenis ikan air tawar yang tinggi kandungan lemak omega-3 yang sangat baik bagi pertumbuhan bayi.

Lemak omega-3 tersebut dapat memaksimalkan pertumbuhan sistem saraf otak pada bayi dan membantu meningkatkan imunitas. Selain itu, ikan lele juga dikenal sebagai ikan yang rendah kandungan merkuri karena hidup di air tawar yang rendah kadar merkuri.

2. Nila
Ikan yang masih 1 keluarga dengan ikan mujair ini ternyata dapat digunakan sebagai menu MPASI pada bayi usia 1-2 tahun. Ikan nila cukup baik diberikan pada bayi, khususnya saat mereka memasuki usia sekitar 1 tahun dan telah dilakukan pengenalan dengan menu MPASI.

Ikan nila memiliki kandungan lemak omega-3 dan protein yang baik untuk pertumbuhan sistem saraf otak pada bayi, perkembangan jantung dan mata.

Selain itu, ikan yang hampir bisa ditemukan di banyak sungai di Indonesia tersebut juga kaya dengan beragam kandungan vitamin, seperti vitamin A, vitamin K, vitamin D dan E.

3. Bandeng
Ikan yang berhabitat di air payau dan memiliki duri yang cukup banyak tersebut ternyata juga dapat digunakan sebagai menu MPASI pada balita.

Ikan bandeng memiliki kandungan omega-3, protein hewani, vitamin B-kompleks dan lemak tak jenuh yang baik untuk bayi. Selain itu, ikan bandeng juga memiliki kandungan DHA dan EPA yang baik untuk pertumbuhan saraf otak.

Nah, itulah beberapa jenis ikan yang bisa digunakan untuk menu MPASI pada bayi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Indopop.id Dapatkan Gosip Ekslusif Paling Update dan Terkini Selebriti Indonesia
Dismiss
Allow Notifications