Me and Moms

Belajar dari Lesti Kejora, Apakah Penyebab Umum Keguguran di Trisemester Pertama?

Lesti Kejora dan Rizky Billar

Lesti Kejora pernah alami keguguran di usia kandungan empat minggu. Hal itu diungkap sang suami, Rezky Billar kepada salah satu media infotainment pada akhir 2023 lalu.

“Lesti sebetulanya udah pernah (hamil lagi) sekitar empat bulan lalu,” ujar Rizky Billar dikutip IndoPop dari YouTube Intens Investigasi, dibuat Selasa (16/1/2024).


Meski enggan mengungkap penyebab keguguran, namun usia janin 4 minggu memang dikenal masih sangat rentan. Bentuk janin usia 4 minggu juga masih menjadi bakal janin yang sangat kecil.

Penyebab Keguguran di Trisemester Pertama
Keguguran pada bulan pertama kehamilan, yang juga disebut trimester pertama, cukup sering terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Untuk memastikan terjadinya keguguran, pemeriksaan dari dokter kandungan perlu dilakukan. Namun menurut laman Alodokter, penyebab paling umum keguguran di trisemester awal adalah kelainan kromosom.

Lesti Kejora dan Rizky Billar

Lesti Kejora dan Rizky Billar (Instagram)

Kelainan kromosom dapat terjadi secara acak dan tidak menandakan adanya masalah pada orangtua. Contoh kelainan kromosom meliputi trisomi (keterlambatan kromosom) dan monosomi (kehilangan kromosom).

Beberapa kondisi medis yang dialami ibu juga dapat memicu terjadinya keguguran. Kondisi itu seperti infeksi, diabetes, penyakit tiroid, gangguan hormon, respons sistem imun tubuh, dan kelainan pada rahim.

Namun penting untuk diingat, keguguran di bulan pertama kehamilan sangat umum dan seringkali di luar kendali ibu. Jika mengalami keguguran, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan untuk mendapatkan dukungan dan pemeriksaan medis yang diperlukan.

Tanpa penanganan yang tepat, keguguran bisa berakibat fatal. Bukan hanya pada janin, tetapi juga pada ibu. Oleh karena itu, perlu adanya penanganan yang cepat dan tepat, baik selama maupun setelah terjadi keguguran.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Indopop.id Dapatkan Gosip Ekslusif Paling Update dan Terkini Selebriti Indonesia
Dismiss
Allow Notifications